Tenurial Kawasan Kabupaten Barito Timur

09 Desember 2016 15:29

Tenurial Kawasan Kabupaten Barito Timur
Dalam rangka pemantapan kawasan hutan banyak dijumpai permasalahan, salah satu diantaranya adalah permasalahan yang menyangkut tenurial kawasan hutan.
Sehubungan dengan Peta Penunjukkan Kawasan Hutan Provinsi Kalimantan Tengah berdasarkan Keputusan Menteri Kehutanan Nomor SK. 529/Menhut-II/2012 tanggal 25 September 2012,  masih terdapat desa-desa dengan ciri keberadaan pemukiman, fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang statusnya berada di dalam kawasan hutan.
 
Memperhatikan hal-hal tersebut di atas, maka diperlukan penyelesaian permasalahan tenurial dalam kawasan hutan melalui identifikasi tenurial di kawasan hutan untuk lingkup Kalimantan Tengah atas keberadaan dan lokasi desa-desa dengan ciri keberadaan pemukiman, fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang statusnya berada di dalam kawasan hutan, kemudian terkait dengan kepastian hukum terhadap hak-hak kepemilikan masyarakat, terutama status lokasi pemukiman masyarakat, status infrastruktur pemerintahan di desa, fasilitas umum dan fasilitas sosial.

Dalam kegiatan ini Tim Dinas Kehutanan memfokuskan kegiatan Tenurial pada Kabupaten Barito Timur, yaitu desa Telang, Sion, Balawa, Tarinsing, Bentot, Ramania dan Hambitin yang terbagi dalam dua regu. Dilaksanakan dalam 7 (tujuh) hari.
Alamat: Jl.Imam Bonjol No 1A, Palangka Raya
Telp: (0536)3221834
Email: dishut.kalteng.prov@gmail.com